FKPQ Kota Malang: Apresiasi Kemenag Kota Malang untuk Guru Ngaji LPQ - kangzainfuad.com

Minggu, 21 Maret 2021

FKPQ Kota Malang: Apresiasi Kemenag Kota Malang untuk Guru Ngaji LPQ

Menjadi Pelayan Guru Ngaji dan Mitra Pemerintah dalam membina Lembaga Pendidikan Al-Qur'an Kota Malang menjadi salah satu misi dakwah-perjuangan FKPQ Kota Malang.

Selama ini, LPQ (d/h TPQ) minim sekali bantuan yang diberikan oleh pemerintah yang dialokasikan untuk lembaga. padahal jika kita melihat peran LPQ di tengah masyarakat, selain membumikan Al-Qur'an dengan program menuntaskan buta-huruf Al-Qur'an, LPQ juga memiliki peran penting dalam pembentukan karakter positif anak-anak (santri) bahkan menjadi pondasi masa depan mereka dalam berakhlaqul karimah.

Dimasa pandemi, LPQ menjadi salah satu tombak utama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, santri dan lingkungan sekitar LPQ akan bahaya dampak covid-19. mengingat LPQ menjadi satu-satunya Lembaga Pendidikan Islam yang langsung bersentuhan dengan masyarakat lintas usia; Balita, Anak-anak, balig, dewasa, bahkan ada LPQ yang membina Lansia dalam proses pengajianya.

Hal inilah menjadi perhatian serius DPC FKPQ Kota Malang dengan cara memberikan kesempatan kepada pengelola LPQ untuk mengajukan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Covid-19 kepada Kemenag RI melalui DPC FKPQ Kota Malang. sebanyak 174 LPQ yang mengajukan BOP Covid-19 dan alhamdulillah semua permohonan di tindak lanjuti oleh Kemenag RI.

Tidak hanya mengajukan permohonan BOP COVID-19 LPQ, DPC FKPQ Kota Malang dengan dibimbing oleh PD. Pontren Kementrian Agama Kota Malang juga melakukan pendampingan, pembinaan dan motivasi kepada Lembaga agar Amanah dalam merealisasikan Bantuan pemerintah dan membuat laporan sebagai bentuk pertanggungjawaban.

Alhamdulillah, LPQ yang mendapatkan bantuan mampu menjalankan amanah dan membuat laporan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

untuk mengapresiasi perhatian dan kerjasama yang luar biasa dari LPQ yang mendapatkan bantuan, Kementrian Agama Kota memberikan penghargaan kepada LPQ yang membuat laporan terbaik, video yang paling mengena dalam memberikan penyuluhan bahaya Covid-19 dan Pembina Terbaik dalam pendampingan dan pembinaan lembaga penerima BOP Covid-19. 

Adapun Lembaga dengan penerima penghargaan adalah TPQ Tahfidul Qur'an Darrusalam kategori Video Terbaik dan RTQ Al Ghozali kategori Laporan terbaik, sedangkan untuk pembina terbaik diberikan kepada Gus H. Achmad Shamton,M.Ag. (Ka. Pontren) dan Ust Ahmad Zain Fuad,S.Si.,S.P.d,.M.Pd. (Ketua DPC FKPQ Kota Malang).

Semoga dengan BOP Covid-19, apresiasi dan penghargaan dari pemerintah kepada LPQ menjadi awal agar LPQ Tetap semakin profesional, amanah dan mampu bertanggungjawab dalam menerima amanah, Amiin.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda