Muqaddimah At-Tibyan : Hamba Pilihan bagi Pecinta Al-Qur'an - kangzainfuad.com expr:class='data:blog.pageType' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/WebPage'>

Senin, 19 September 2022

Muqaddimah At-Tibyan : Hamba Pilihan bagi Pecinta Al-Qur'an

Kitab At-Tibyan bagi para Penghafal, Pengajar dan pecinta Al-Qur'an. 

Kitab At-Tibyan Fii Adabi Hamalatil Qur’an ditulis oleh Syaikh Abu Zakariyah Yahya Muhyiddin bin Syarof bin Hizam An-Nawawiy. Beliau adalah seorang ahli fiqh, zahid, seorang imam yang ‘alim, zuhud, dan Dhobith (sangat teliti dan cermat).

Didalam Muqaddimahnya, Syaikh Abu Zakariyah An-Nawawi ini  memberikan pujian kepada Allah swt. Yang telah memberikan anugrah kepada kita berupa petunjuk, keimanan dan telah memberikan kelebihan (Keutamaan) agama Islam daripada agama lainya berupa diutusnya Rasulullah saw kepada kita, denganya Allah swt memberikan wahyu berupa Al-Qur’anul Karim yang terus menerus berlangsung (kemukjizatanya) dengan silih bergantinya zaman.

Dengan Kemukjizatan Al-Qur’an, Allah swt menantang manusia, jin dan semuanya. Menjadi penyubur bagi hati orang-orang yang memiliki hati nurani dan kemakrifatan. Al-Qur’an tidak akan usang karena sering dibaca dan dikaji berulang-ulang dari masa ke masa.

Allah swt memberikan kemudahan bagi orang-orang yang bersungguh-sungguh ingin menghafalkan Al-Qur’an, sehingga Al-Qur’an mudah dihafalkan oleh anak-anak sekalipun. Dan dengan Al-Qur’an, Allah swt akan menjaga dan memeliharanya dari sistem yang akan berusaha melakukan perubahan terhadap Al-Qur’an dari berbagai peristiwa baru.

Al-Qur’an, yang denganya Allah swt akan memberikan taufiq dan memilih hamba-hamba-Nya dari kalangan orang-orang yang cerdas dan cermat untuk senantiasa memberikan waktu dan perhatian khusus untuk mendalami ilmu-ilmu Al-Qur’an.

Melalui hamba-hamba pilihan inilah, Al-Qur’an akan dikelompokan dalam berbagai disiplin ilmu, sehingga Al-Qur’an akan mudah dipahami dan amalkan oleh seluruh umat manusia. Termasuk dengan hadirnya kitab at-tibyan ini, semoga akan memudahkan bagi para pecinta Al-Qur’an agar lebih memahami dan mencintai Al-Qur’an dengan disertai Adab, adab dalam mempelajari dan mengamalkan kandungan Al-Qur’an, adab dalam mengajarkan Al-Qur’an.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda