Naruto Shippuden : Mendidik dan Menyertai Buah Hati Menyelami Kehidupan - kangzainfuad.com

Selasa, 09 Januari 2024

Naruto Shippuden : Mendidik dan Menyertai Buah Hati Menyelami Kehidupan

Naruto Uzumaki [Naruto.fandom]

Naruto, serial manga karya Mashasi Kishimoto yang diadaptasi menjadi serial anime menceritakan tentang kisah kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki. Sosok anak (ninja) yang hiperaktif, periang, semangat, dan ambisius dalam meraih apa yang didambanya yakni mendapatkan gelar Hokage. Hokage merupakan gelar bagi pemimpin dan ninja terkuat di desanya yaitu desa Konoha.

Awalnya saya hanya iseng melihat film ini, karena anak saya setiap hari nonton. jika sudah nonton semua terasa tidak berguna, ia fokus dan tidak jarang saat saya memanggilnya tidak didengar. tidak seperti biasa, ia termasuk anak yang penurut dan sat-set saat dipanggil, disuruh apapun, terkecuali saat nonton Naruto.

Saya menyadari, seiring berjalanya waktu dan bertambahnya usia, anak saya pastinya bertambah pula pengetahuan, keinginan, hobi dan pengalamanya. apa yang ia lihat, terkadang dihubung-hubungkan dengan pengetahuan yang selama ini ia dapat. pengetahuan bisa ia dapatkan darimana saja. Dari televisi, buku, sekolah, teman dan lingkungan.

Salah satu yang mempengaruhi alam pikiranya (pengetahuan), Naruto. setiap saat, diwaktu luangnya yang bisa ia ceritakan lebih banyak tentang Film Naruto. Tokoh-tokohnya dikisahkan dengan detail, bahkan karkater masing-masing serta musik yang akan mengiringi tokoh-tokoh dalam anime, ia hafal.

Bahaya, gumam dalam pikiran. saya harus bisa masuk pada alam sadarnya melalui kisah-kisah yang ia ceritakan, mengubah pengetahuan yang ia dapatkan menjadi pengetahuan yang bermanfaat dan berguna bagi pemahaman agama dan kehidupanya sehari-hari. akhirnya saya sering menemaninya atau dalam kesendirian nonton dan membaca anime ini versi web. tiada lain, agar bisa mengimbangi pembicaraanya, menanamkan nilai-nilai positif yang terkandung didalamnya dan memberikan pengetahuan tambahan agar ia mampu menyerap informasi dalam film itu menjadi informasi yang menguatkan jati dirinya.   

Hal positif yang bisa saya dapatkan dan tanamkan pada anak saya melalui manga Naruto, jadilah orang yang percaya diri pada kemampuan diri sendiri. 

Setiap orang diberikan oleh Allah swt. keistimewaanya masing-masing (chakra). jika ia mampu mengelola chakra (kekuatan diri, dalam Naruto) yang tependam dalam dirinya dengan baik, maka ia mampu mengoptimalkan chakranya itu dengan maksimal, dengan cara belajar, berlatih dengan sungguh-sungguh dan dibimbing oleh guru.

Guru, bisa berwujud fisik maupun non fisik. Guru berwujud fisik adalah guru yang membimbing saat disekolah, memberikan nilai raport dan mengevaluasi rutin perkembangan pengetahuan kita. Dalam anime Naruto diantara gurunya adalah Hiruzen Sarutobi dan Jiraiya. 

Guru non fisik, adalah guru-guru ruhani yang membimbing seseorang dalam menempuh jalan "kebenaran", salah satu guru ruhani Naruto, Minato Namikaze yang tiada lain adalah ayahnya sendiri yang sudah meninggal saat Naruto masih bayi demi melindungi Desa Konoha dari serangan Kurama.

Naruto, dalam serial manga ini sangat menginspirasi jika dilihat dari sisi positifnya, tentu ada hal yang perlu diluruskan disesuaikan dengan nilai-nilai etika (akhlaq). Tinggal kita sebagai orang tua, harus senantiasa berupaya mendampingi buah hati, tanpa harus menggurui, tapi menyertainya, membimbingnya, dan menunjukkan melalui alam bawah sadarnya agar semua berubah secara alami dan merasuk dalam hati nilai-nilai kebaikan yang baik. Allahu A'lam.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda