Mengajarkan Makna Kebahagiaan - kangzainfuad.com

Selasa, 16 Januari 2024

Mengajarkan Makna Kebahagiaan

Foto : Pondok Pesantren Modern Amantus Salam Wonosalam Jombang
Kebahagiaan, akan memberikan makna yg berbeda bagi setiap orang. Termasuk keinginan orangtua yg ingin selalu membahagiakan anaknya.

Kadang sebagai orang tua ingin sekali memberikan kebahagiaan pada anak dengan memberikan apa yang mereka sukai. 

Sehingga muncul dalam diri anak, bahwa kebahagiaan timbul dari hal-hal yang disukai, menumbuhkan rasa gembira dan mendapatkan sesuai dengan keinginan, namun Kebahagiaan ini akan berlangsung sangat instan (sesaat).

Padahal dalam kenyataan dan seiring berjalannya waktu, suatu saat mereka akan mengalami hal yg berbeda tentang kebahagiaan.

Menurut riset, hal kecil yg bisa dilakukan orang tua agar anak-anak mengalami kebahagiaan secara penuh, maka orang tua harus mengajarkan kepada mereka cara menyeimbangkan kesukaan-kesukaan mereka dengan apa yang penting, yang baik, dan bermakna.

Melakukan kebiasaan yang membahagiakan bisa dimulai dengan 4 (empat) kegiatan bersama dengan anak-anak, dimana kegiatan ini akan terus membawa perkembangan dan tantangan pada diri anak, yaitu; Keterlibatan, bermakna, bersyukur dan olahraga. 

Keterlibatan
Dengan melibatkan anak-anak dalam melakukan aktifitas keseharian yang disenangi oleh anak-anak, aktifitas ini lebih pada hobi dan hal-hal yang biasanya dilakukan oleh anak, dan mereka larut dalam aktifitas itu, sampai ia lupa waktu. Maka saat itulah orangtua bisa meyertainya dan terlibat didalamnya.

Bermakna
Mendorong anak untuk melakukan hal-hal kecil yang mengandung kebaikan, misal membersihkan sampah dilingkungan sekitar, berbagi makanan dengan teman atau tetangga dan melibatkan mereka untuk menjadi relawan (aktifitas sosial).

Bersyukur
Cara yang bisa dilakukan dan paling mengena adalah dengan membersamai anak-anak makan bersama seluruh keluarga, saat semua menikmati makanan, terasa bahagia dengan nikmatnya makanan, maka orangtua bisa mengajak anak-anak untuk men-syukuri nikmatnya makanan, baik dengan mengucapkan terimakasih pada yang memasak atau langsung bersyukur kepada Allah SWT karena telah memberikan rasa nikmat pada diri kita saat mengecap makanan.

Olahraga
Olahraga, sudah seharusnya menjadi bagian dari kehidupan bersama anak-anak. Berolahraga bagi anak-anak tidak harus di tempat khusus, cukup membersamai anak-anak bermain, menggerak-geraklan tubuh dan sedikit berkeringat, itu sudah termasuk berolahraga.

Karena setiap hari hanya ada sekian jam yang dimiliki oleh orangtua dan anak-anak, maka prioritaskan waktu-waktu untuk hal-hal tersebut. lakukan secara mengalir saja tanpa perencanaan khusus. Disinilah akan menumbuhkan pada pikiran anak-anak bahwa kebahagiaan itu sederhana dan membutuhkan tantangan. Allohu A'lam

#Parenting #WashoyAba 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda