HEWAN dan TANAMAN - kangzainfuad.com expr:class='data:blog.pageType' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/WebPage'>

Selasa, 13 Oktober 2020

HEWAN dan TANAMAN

 

Anakku sebelum engkau menjadi orang yang mampu memberikan arti bagi orang lain, belajarlah melakukan sesuatu dari hal kecil, misal merawat ayam, tanaman, dan ikan.

Dengan merawat hewan peliharaan dan tanaman, engkau banyak belajar tentang keikhlasan. apapun yg engkau lakukan untuk hewan-hewan dan tanaman itu, ia cuek. 

Tidak mau tau siapa yg memberi. bahkan seringkali kita dipatok ayam yg kita rawat, tanaman yg kita tanam mengotori rumah kita, atau kita harus bersusah payah membersihkan kolam dan memberi makan ikan agar ikan-ikan tetap sehat dan lincah.

Begitupun saat engkau bermasyarakat dan bergaul dengan siapapun. seringkali engkau menemui "kekecewaan-kekecewaan" akibat dari pergaulan yg tidak sesuai dengan keinginan dan harapanmu.

atau pengorbananmu kepada teman dan orang-orang disekitarmu tidak mendapatkan pengakuan, penghargaan atau hanya sekedar ucapan terimakasih, tak pernah engkau dengarkan. bahkan bisa jadi, hanya cemoohan yg engkau dapatkan.

Berbesar hatilah, jika itu terjadi padamu kelak. tetap berusahalah menyayangi mereka, walau berat. tetaplah istiqomah dalam memegang teguh tekat, walau susah.

sesakit-sakitnya engkau dipatuk ayam, sekotor-kotornya membersihkan dedaunan, dan sesulit-sulitnya engkau merawat ikan, engkau tetap mampu menyayangi dan merawatnya. namun, akan lebih sulit saat engkau berhadapan dengan manusia, maka BERSABARLAH.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda