Menumbuhkan nilai-nilai "Kebermaknaan" pada Anak - kangzainfuad.com

Selasa, 06 Juni 2023

Menumbuhkan nilai-nilai "Kebermaknaan" pada Anak

Pantai Kondangmerak Malang, 2 Juni 2023

Sesuatu yang bermakna bagi anak-anak akan sulit dilupakan dalam ingatanya. 

Kebermaknaan merupakan suatu aktifitas yang akan membawa pengalaman baru bagi anak-anak yang akan sulit dihilangkan, bahkan menumbuhkan pengetahuan baru dalam dirinya. sesuatu yang bermakna terkadang membawa kesan tersendiri dalam ingatan mereka.

Sesuatu yang bermakna dimata anak-anak tidak hanya hal-hal yang menyenangkan, sesuatu pahit dan menyakitkan dirasakan anak pun akan mendatangkan pengalaman yang bermakna bagi anak. 

Kebermaknaan akan hadir jika aktifitas itu melibatkan orangtua dan anak, jika aktifitas itu disukai oleh anak, ini menjadikan ia merasa nyaman, dan rasa percaya diri akan tumbuh. atau suatu pengalaman pahit (menyakitkan) yang dialami dan dirasakan oleh anak kemudian orang tua hadir menyertainya, berempati dan terlibat secara sadar mendengarkan keluh kesahnya akan membuat mereka semakin teguh, dan insyaallah akan membekas dalam diri mereka. 

Hal kecil yang bisa dilakukan orangtua pada anak-anak agar mampu menyerap suatu peristiwa lebih bermakna bagi anak-anak adalah dengan membiasakan membersamai anak-anak, mengajak berdialog dan merefleksikan bersama agar anak bisa mengambil suatu ilmu dari kejadian yang mereka alami, atau orang tua bisa mengajaknya melakukan aktifitas yang menimbulkan empati, misal membersihkan lingkungan rumah dengan mengambil sampah dedaunan yang berserakan, pembiasaan melakukan amal sholih walau bersifat kecil akan menumbuhkan dalam diri anak menjadi pribadi yang peka dan mampu menyerap nilai-nilai yang bermakna bagi mereka.

Membiasakan mengucapkan terimakasih, membiasakan bersedekah pada fakir-miskin atau orang-orang yang memiliki kekurangan juga bisa dilakukan orangtua bersama anak, kegiatan sederhana yang mampu menumbuhkan nilai kebermaknaan pada anak.

Intinya, setiap tindakan apapun berikanlah perhatian khusus, terutama hal-hal yang positif (kebaikan), beri apresiasi, tidak harus dengan hadiah materi tapi ucapan terimakasih, senyum manis dan pelukan atau eksperi yang lain, yang mampu di pahami oleh anak, bahwa cara yang orang tua lakukan benar-benar dipahami oleh anak.  

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda