Tahfiz Camp: Mentadaburi Keindahan Alam - kangzainfuad.com

Rabu, 21 Juni 2023

Tahfiz Camp: Mentadaburi Keindahan Alam

Dokumen Tahfiz Camp SMASurba, 21-22 Juni 2023

Setiap kejadian di sekitar, ada ilmu yang  tersimpan didalamnya, baik itu ilmu yang tampak berupa ilmu-ilmu pengetahuan alam, maupun ilmu yang tidak tampak, berupa ilmu hikmah. 

Terbentangnya alam yang Allah SWT ciptakan, keindahannya akan benar-benar dirasakan jika dirasakan dan dipandang dengan penuh ketakjuban. Atau hanya akan berlalu dengan biasa-biasa jika tidak dirasakan serta dinikmati dengan penuh penghayatan akan kebesaran ciptaan-Nya. 

Pengetahuan yang didasari dengan kesadaran bahwa segala sesuatu yang dilihat di alam adalah anugerah-Nya yang semata-mata diberikan kepada manusia agar dirawat dan dijaga. 

Manusia dengan berbekal pengetahuan yang dimiliki dipercaya oleh Allah SWT agar melestarikan alam, minimal sebagai pengingat bahwa alam yang dilihat ini menunjukkan ada pencipta yang wajib di sembah dan manusia hanyalah seorang hamba. 

Bukan dengan pengetahuan yang dimiliki semata-mata sebagai "pesaing" Allah SWT untuk mengusai alam dengan melupakan-Nya dan mengeksploitasi isinya, atau Berbuat kemaksiatan karena terlena akan keindahan alam yang Allah ciptakan. 

Penciptaan alam, sudah sepatutnya untuk disyukuri dan senantiasa ditadaburi agar menjadi pengingat, pengokoh keyakinan kita sebagai seorang hamba agar lebih sungguh-sungguh dalam beribadah. 

Keindahan alam sebagai media untuk mengenal-Nya dan menghadirkan keindahan sang Pencipta dalam segala ciptaan dan kodrat-Nya, termasuk segala ketentuan (kodrat) yang Allah SWT tetapkan pada manusia, takdir. 

Mentadaburi ciptaan-Nya, agar lebih mengenal-Nya merupakan bagian dari program SMA Surya Buana Malang dalam rangkaian kegiatan Tahfiz camp yang dilaksanakan di sekitar coban parangtejo, Kebun Rojo Camp pada 21-22 Juni 2023.

Semoga dengan kegiatan ini akan menjadi bekal bagi siswa-siswi sebagai generasi Qur'ani yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlaq mulia, Amiin. 

Allohu A'lam bis showab. 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda