Semangat Hari Lahir Pancasila 2023 di RT-19 Tunggulwulung Kota Malang - kangzainfuad.com

Senin, 05 Juni 2023

Semangat Hari Lahir Pancasila 2023 di RT-19 Tunggulwulung Kota Malang


Libur Nasional dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila ditetapkan pada tanggal 1 Juni berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 24 Tahun 2016 yang ditanda tangani oleh Presiden Joko Widodo.

Tujuan utama diperingatinya hari Lahir Pancaila untuk menguatkan semangat gotong royong pembumian Pancasila demi terwujudnya peradaban dan pertumbuhan global, mengobarkan semangat nasionalisme, ersatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dan mendorong aktualisasi secara masif dan sistematis.

Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, berbagai kegiatan dilaksanakan di masyarakat, termasuk di Lingkungan RT-19 RW 01 Kelurahan Tunggulwulung Lowokwaru Kota Malang. Kamis (01/06/2023) melaksanakan kegiatan kerja bakti warga. 

Aktifitas bersama dengan melibatkan masyarakat biasamya dilaksanakan saat peringatan agustusan, namun di RT-19 kapanpun kegiatan yang melibatkan masyarakat bisa dilaksanakan, mengingat masyarakat lingkungan RT-19 merupakan masyarakat perumahan yang tentunya berbeda dengan masyarakat dilingkungan perkampungan, yang relatif mudah melaksanakan kegiatan kemasyarakatan.

RT-19 RW 01 Kelurahan Tunggulwulung gabungan dari 5 (lima) perumahan, warga kampung dan intansi/lembaga pendidikan. perumahan-perumahan di lingkungan RT-19 ada Perumahan Maharaja Residen, Perumahan De Prima, Perumahan Graha Akordion, Puri Akordion, Permata Tunggulwulung, Yayasan Insan Permata (instansi) dan beberapa warga diluar area perumahan.

Kerja bakti pada liburan hari pancasila titik utama dilaksanakan di area perumahan Graha Akordion dan sepanjang area Insan Permata, dengan penuh kesadaran masyarakat dilingkungan RT-19 guyub rukun saling membantu membersihkan sampah-sampah yang berserakan, merapikan rerumputan yang tumbuh liar disepanjang jalan dan meratakan bebatuan serta barang-barang yang tidak berguna agar terlilat indah dan rapi.

Setelah tuntas melaksanakan kerja bakti di titik utama, masyarakat melaksanakan kerja bakti dilingkungan perumahan masing-masing, alhamdulillah semua terlaksana dengan semangat hari lahirnya pancasila 2023 dengan tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda