Menyikapi Prilaku Yang "berbeda" Pada Anak - kangzainfuad.com

Jumat, 16 Juni 2023

Menyikapi Prilaku Yang "berbeda" Pada Anak

Dokumen keluarga: Dinoyo-Malang, Mei 2023

Menyikapi dan menghadapi anak yang memiliki prilaku "berbeda" dengan anak yang lain perlu pendekatan khusus, dan orang tua harus siap dengan kondisi yang ada.

Anak yang memiliki prilaku berbeda, bisa jadi karena itu sudut pandang penilaian orangtua yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang selama ini ia pahami. Bagi anak, apa yang ia lakukan bisa jadi itu hal yang biasa, karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman.

Maka bagi orang tua harus bersabar memberikan pemahaman agar anak tahu bahwa apa yang ia lakukan kurang baik, sehingga ia memiliki prilaku yang berbeda dengan anak pada umumnya. 

Anak dengan prilaku yang berbeda bukan berarti berkonotasi negatif, ada saatnya hal itu terjadi karena akan menambah pengetahuan sehingga ia bisa lebih kreatif, pengalaman berharga akan ia dapatkan berawal dari sebuah kesalahan atau bahkan keberhasilan. 

Melakukan pendekatan pada anak membutuhkan cara unik, tidak bisa disama ratakan persis dengan pengetahuan yang kita miliki atau perlakuan yang sama untuk semua anak.

Inilah anugrah yang luar  biasa dari Allah kepada orangtua, agar ia bisa menjadi orang tua yang lebih sabar tabah, Amiin. 


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda