MKKS: Kunci Sukses Studi Lanjut Di Perguruan Tinggi - kangzainfuad.com

Kamis, 07 Desember 2023

MKKS: Kunci Sukses Studi Lanjut Di Perguruan Tinggi

Kesuksesan bagi seorang guru, mampu mengantarkan anak didiknya menjadi anak yang mampu memberikan manfaat bagi sesama, sukses sesuai dengan apa yang mereka cita-citakan.

Salah satu pintu gerbang menggapai kesuksesan secara akademik adalah mereka bisa melanjutkan pendidikan dijenjang berikutnya, Kuliah.

Dalam diskusi, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Malang menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa kesuksesan anak didik masuk Perguruan tinggi adalah adanya komitmen yang tinggi dan rasa tanggungjawab dari anak didik dalam memilih pilihan cita-cita, jurusan. 

Pendapat ini diperkuat oleh pemamaparan pak Andreas dosen ITB sekaligus panitia Seleksi Nasional masuk Perguruan tinggi. Beliau menambahkan, bahwa kesuksesan anak didik dalam perkuliahan disebabkan karena ada minat yang tinggi terhadap jurusan yang mereka pilih, sesuai passion. Bukan semata karena nilai yang tinggi (pintar) saat sekolah semata.

Sesuai dengan pengalaman beliau, banyak mahasiswa yang tidak bisa tuntas kuliah karena merasa jurusan yg mereka pilih tidak sesuai dengan passion (minat), hal ini terjadi karena saat kuliah memilih jurusan hanya sekedarnya, atau mengikuti saran orang lain (bimbel/guru) dengan landasan passing grade terendah agar mudah masuk Perguruan tinggi. 

Walaupun akhirnya masuk, tidak menjadi jaminan anak didik akan sukses sampai tuntas menempuh study, justru depresi yang akan mereka alami saat menjalani proses kuliah. 

Oleh sebab itu, berikan kepercayaan diri pada anak didik, tanamkan rasa tanggung jawab akan pilihannya, dan ajarkan agar bekerja keras untuk meraih cita-cita nya. 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda