Teknologi dan Adab - kangzainfuad.com

Jumat, 08 Desember 2023

Teknologi dan Adab

Di era seperti sekarang ini, Allah SWT telah memberikan banyak sekali kemudahan-kemudahan. Termasuk dalam mendapatkan ilmu pengetahuan, sangat mudah didapatkan oleh manusia.

Cukup berbekal HP, anak didik bisa berselancar bebas mendapatkan ilmu pengetahuan, apapun. Bahkan masalah ilmu matematika yang rumitpun mudah didapatkan, apalagi hanya masalah dalil dalam ilmu agama, cukup searching di internat, beres.

Saat ini, dengan teknologi kecerdasan buatan, artificial intelligence (AI). Anak didik akan sangat mudah menyelesaikan tugas-tugas disekolah, bahkan bisa jadi berbagai permasalahan kehidupan yang dihadapi manusia, kelak akan mudah dikerjakan oleh teknologi AI. 

Namun yang tidak bisa didapatkan dari semua itu, Adab. Adab tidak hanya tentang teori belaka, tapi bagaimana manusia bisa beradab jika ilmu pengetahuanya yang ia pahami tentang adab, tidak diamalkan, maka dalam kehidupan sehari-hari mereka tidak bisa disebut orang yang adab. 

Tekhnologi tidak mampu memberikan contoh bagaimana cara beradab, sopan santun. Karena adab-sopan santun hanya bisa diberikan dan dipahami dengan hati, sedangkan teknologi tidak memiliki hati.

Maka benarlah syaikh An-Nawawi pernah menyampaikan, 

علم بلا أدب كنار بلا حطب، و أدب بلا علم كروح بلا جسد

“Ilmu tanpa adab seperti api tanpa kayu bakar, dan adab tanpa ilmu seperti jasad tanpa ruh” 

Agar tidak kalah dengan teknologi, maka guru yang memberikan ilmunya didasari dengan hati yang bersih, ikhlas., Ilmu yg disampaikan disertai dengan uswah hasanah (tauladan), dan setelah sholat malamnya memanjatkan do'a terbaik dikhususkan pada anak didiknya, InsyaAllah ilmunya akan memiliki Ruh, yang kelak anak didiknya akan merasakan keberkahan ilmu-pengetahuanya, ilmu yang menjadikan mereka menjadi beradab. ilmu pengetahuan yang semacam inilah tidak bisa diciptakan dan diberikan oleh teknologi.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda