BAHAYANYA ILMU #3 - kangzainfuad.com

Kamis, 28 Mei 2020

BAHAYANYA ILMU #3

Ayyuhal Walad #3

Imam Ghazali berpesan kepada santri beliau;

Wahai Anakku, memberi nasihat itu mudah, yang sulit adalah orang yang menerimanya. Karena sesungguhnya orang yang suka mengikuti hawa nafsu akan sulit menerima nasihat. Apalagi isi dari nasehat itu perkara yang disenangi hatinya. Terlebih bagi orang yang mencari ilmu tapi tujuanya untuk mencari gelar dhohir (duniawi)., untuk kepuasan nafsu (hanya sekedar untuk pengetahuan tanpa diamalkan) serta mencari ilmu hanya kepentingan duniawi (gelar, pangkat dan jabatan).

Sesungguhnya mereka menyangka bahwa ilmu tanpa diamalkan akan memberikan keselamatan dan kesuksesanya.  ia meyakini bahwa ilmu itu tidak butuh untuk diamalkan, keyakinan semacam ini adalah pendapat para ahli filsafat.

Maha suci Allah yang Maha Agung!

Ia tidak mengetahui, sesungguhnya Ketika ia memperoleh sebuah ilmu tanpa diamalkan, hal ini akan menjadi alasan (hujjah) yang kuat yang sangat membahayakan bagi dirinya sendiri. Sebagaimana Sabda Rasulullah saw.:

“Manusia yang paling pedih siksanya dihari kiamat adalah orang yang ‘alim tapi Allah swt tidak menganugrahi ia ilmu yang bermanfaat dari ilmu yang ia peroleh”.(azf)



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda