SAHABAT SEJATI - kangzainfuad.com

Sabtu, 30 Mei 2020

SAHABAT SEJATI


Anakku, Dizamanmu berbeda dengan saat ayah masih seusiamu. ayah bisa bermain lama dengan teman-teman, saat ayah berkunjung ke rumahnya, atau saat mengaji di Pondok/mushalla.
.
saat ini, engkau bisa berlama-lama bermain, ngobrol dengan temanmu di media sosial tanpa harus bersua, atau banyak juga yg masih nongkrong2 di warung kopi,dst.
.
anakku, memiliki sahabat banyak itu baik, engkau bisa berbagi ilmu, mendapatkan ilmu dr temanmu, dan banyak hal positif yg akan engkau dapatkan. namun cara terbaik yg dapat engkau RASAKAN agar mendapatkan SAHABAT SEJATI adalah dengan merasakan dalam hatimu apakah dengan banyak bergaul denganya engkau merasa semakin dekat dan ta'at kepada Allah swt.?
Anakku,Syaikh Ibnu 'Athoillah dalam Hikam menyampaikan

لاَتصْحَبْ من لاَيُنْهِضُكَ حالهُ ولاَ يَدُلُّكَ علَى اللهِ مقاَلهُ 
"Janganlah bersahabat dengan orang yang tidak membangkitkan semangatmu untuk taat kepada Allah dan kata-katanya tidak menunjukkanmu ke jalan Allah".
.
dizamanmu ini, ayah merasakan tidak mudah mencari sahabat yg ideal sebagaimana yg syaikh Ibnu Atho'illah sampaikan. tapi do'a-do'a ayah, bunda, gurumu serta do'amu akan menentukan dimana Allah swt akan membimbingmu dan memuntunmu mendapatkan sahabat terbaik sebagaimana yang Allah swt tentukan padamu.
.
bersahabatlah dengan siapapun, tiada kebaikan dan keburukan yg tampak dalam dhohir sesesorang jika engkau mampu melihat kebaikan-kebaikan dalam setiap perilakunya. behusnudh-dhonlah.
.
Allahu A'lam.
.
#An_Nashihah

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda