Shilaturohim Rutin Guru Ngaji : Belajar Metodologi dan Melek Teknologi - kangzainfuad.com

Sabtu, 11 Juni 2022

Shilaturohim Rutin Guru Ngaji : Belajar Metodologi dan Melek Teknologi

 

KabarGuruNgaji-Shilaturohim rutin guru ngaji di Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) yang bernaung dibawah binaan DPC FKPQ Kota Malang bulan ini dilaksanakan bersamaan dengan pembinaan guru ngaji Metode Al-Bayan Lil Muslimin Bir Rosm Utsmani (Al-Bayan) di Kelurahan Balearjosari Blimbing Kota Malang, tepatnya di TPQ Al-Ishlah.

Kegiatan rutin bulanan guru ngaji hari ini, Ahad 12 Juni 2022 difokuskan pada pembahasan metodologi pengajaran Al-Qur’an di LPQ dan Sekolah dengan berbagai permasalahanya, termasuk manajemen (pengelolaan) administrasi lembaga.

Metodologi Pegajaran Al-Qur’an disampaikan Ustadz Zuhdi, salah satu pengurus pusat pengajaran Al-Qur’an Al-Bayan. “Metode penyampaian ilmu-ilmu Al-Qur’an sangatlah banyak diantaranya Metode Al-Bayan, kelebihan metode ini hurufnya menggunakan rosm utsmany, penulisan huruf Al-Qur’an standar internasional. Rosm utsmani ini, pertama kali diterapkan sejak zaman Kholifah Utsman bin Affan”, terangnya.

Ustadz Zuhdi menambahkan “Metode Al-Bayan memiliki ciri khas yang sekaligus menjadi keunggulanya, yakni :

  •  Ber Sanad Mutawatir sampai Rosululloh SAW sesuai dengan Qiroah Imam Ashim, riwayat Imam Hafs yang melalui  jalurnya  Imam Abi Muhammad Ubaid Ibnisshobbah.
  • Mengunakan Rosm Utsmany yang Tanda baca nya sudah baku dan bertajwid;
  • Santri yang sudah mampu atau berhasil dapat memilih program Al Qur’an Bin Nadhri dengan menghafal surat-surat penting atau program menghafal Al Qur’an Bil Hifdhi 30 juz;
  • Al Qur’an disampaikan dengan metode Talaqqi dan Musyafahah serta sistem syahadah/ijazah atau sanad yang bersambung sampai Rasululloh SAW.;
  • Sangat praktis dengan 3 jilid peserta didik sudah mampu naik kelas Al-Quran dan Ghorib tajwid;
  • Peserta didik aktif dalam belajar mengajar, Guru hanya memberi contoh pokok materi pelajaran. hendaknya Guru menguasai 3M yang menjadi Motto metode Al-Bayan. Yaiitu Mudah,memahamkan dan menyenangkan.;
  • Metode ini disertai latihan huruf asli dan yang dinamakan huruf.;
  • Anak langsung baca dengan jelas mulutnya buka 3 jari dan suaranya lantang dan tidak boleh mengeja,;
  • Waktu relatif singkat peserta didik mampu membaca Al-Quran dengan baik, tahqiq dan tartil;
  • Disertai Modul panduan dalam mengajar Al-Quran.

Sebelum kegiatan shilaturohim rutin ini ditutup, ustadz Zain Fuad selaku Ketua Manajemen Metode Al-Bayan Pusat menambahkan apa yang sudah disampaikan oleh ustadz zuhdi sekaligus menanggapi pertanyaan dari peserta. “terkait metodologi pengelolaan pembelajaran Al-Qur’an di sekolah, pengelolaan kelas pembelajaran Al-Qur’an tentu berbeda dengan penerapan di TPQ, guru ngaji harus lebih teliti dan memahami kondisi siswa serta psikologisnya sebelum pemetaan kelompok (Halaqah) Al-Qur’an. Karena banyak ditemukan satu kelas belum tentu memiliki kemampuan baca Al-Qur’an, padahal dari segi jenjang mereka sudah dewasa (SMA) dan tidak memungkinkan jika para santri mengulang ke kelas I’dad (persiapan) pembelajaran Al-Qur’an”.

Ketua Umum DPC FKPQ Kota Malang itu mengemukakan, “selain pengelolaan manajemen kelas pengajian, pengelolaan manajemen lembaga juga sangat penting, apalagi diera saat ini. Guru ngaji dituntut melek teknologi informasi, karena semua yang berhubungan dengan LPQ sudah berbasis tenologi, seperti aplikasi EMIS, SIKAP dan tentu pengelolaan lembaga secara administrasi juga saat ini sudah mulai menjadi perhatian masyarakat. Maka sudah sewajarnya guru ngaji sudah mulai menata niat, selain Jihad waktu dan tenaga melayani santri juga berjihad menata manajemen lembaga agar menjadi lebih baik, lebih dimintai masyarakar dan keikhlasanya semakin meningkat karena semua sudah tertata dengan rapi”.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda