Ikhtiyar Meraih Keberkahan dalam Keluarga dan Pekerjaan - kangzainfuad.com

Jumat, 24 Juni 2022

Ikhtiyar Meraih Keberkahan dalam Keluarga dan Pekerjaan

 


Setiap orang tua pasti akan sangat bahagia jika ia memperoleh kesuksesan dalam karir (pekerjaan) nya. Namun terkadang kecemerlangan karir yang ia raih menjadi boomerang baginya karena semakin tinggi amanah semakin besar tanggungjawabnya dan tentu amanah yang tertinggi tetap amanah sebagai orangtua yang kelak dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT sebagai pemberi amanah. 

Apa yang dirasakan oleh orangtua yg memiliki aktifitas tinggi diluar keluarga juga merasa bahwa itu juga amanah yang harus dikerjakan karena menyangkut kemaslahatan orang banyak. 

Apa yang harus dilakukan jika hal ini terjadi pada diri kita? 

1. Senantiasa perbaiki niat awal kita dalam bekerja. 

2. Berusaha konsisten (istiqomah) menjalankan niat untuk meraih apa yang diharapkan. 

3. Komunsikasikan dengan diri sendiri apa yang harus diperbaiki, pasti ada efek dari setiap kesibukan kita. Jika ada hal buruk muncul segera awali perbaiki keadaan dimulai dari diri sendiri. 

4. Menjaga kondisi hati dari berbagai pengaruh dari luar sangat penting untuk diperhatikan, maka hal yang paling baik dilakukan senantiasa berusaha mendekatkan diri pada Allah SWT, dengan cara kita masing-masing. Bisa dengan berdizkr, amal-amal kebaikan berupa sedekah serta amal sholih yang lain. Amalan hati ini setiap orang memiliki cara tersendiri dan pengalaman bathin yang bisa ia rasakan pasti berbeda. 

5. Mantapkan hati untuk senantiasa tawakkal (pasrah) pada Allah SWT. Tidak ada manusia yang sempurna meraih apa yang ia harapkan dan mampu mengerjakan apa yang targetkan. Hanya Atas pertolongan Allah SWT sesungguhnya manusia bisa mengerjakan amalan-amalan kebaikan yang sudah ia lakukan dan ataatas kehendak Allah swt pula sehingga amanah kita belum bisa kita kerjakan. 

Semoga sedikit tulisan memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya pada pribadi penulis sendiri. Amiiin. 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda