Faedah Ilmu - kangzainfuad.com expr:class='data:blog.pageType' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/WebPage'>

Senin, 28 November 2022

Faedah Ilmu

Supervisi Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi Kelas XI

Mendidik bukan hanya bagaimana cara kita memberikan ilmu kepada peserta didik, tapi bagaimana cara agar ilmu membawa manfaat dan membekas didalam hati dan bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ilmu, pada hakekatnya sama. Tidak memandang ia ilmu umum atau agama, sudah tidak zamanya ilmu dikotak-kotakan. Yang ada bagaimana semua ilmu itu mampu mengenalkan pada siswa akan kebesaran sang Maha Pencipta.

Bagi siswa yang ingin meraih ilmu,  dan bagaimana guru mengajarkan ilmu agar sampai pada siswa membutuhkan proses yang lama, kesabaran pada keduanya agar faedah ilmu mampu dirasakan.

Diantara faedah ilmu, ia akan mampu menghiasi pribadi pemiliknya dan akan senantiasa termotivasi untuk menambah dan menambah ilmu demi perbaikan pada dirinya.

Sebagaimana Syaikh Az-Zarnuji menyampaikan dalam kitab Ta'limul Muta'allim,

تَعَـلَّـمْ فَــإِنَّ الْـعِلْـمَ زَيـْنٌ لِأَهْــلــِهِ # وَفَــضـْلٌ وَعـُـنـْوَانّ لِـكـُلِّ مَـــحَامِـدٍ

وكــن مـستـفـيدا كـل يـوم زيـادة # من العـلم واسـبح فى بحـور الفوائـد

 "Belajarlah! Sebab ilmu adalah penghias bagi pemiliknya. dia akan memberikan keutamaan-keutamaan dan menjadi pertanda kemulyaan, Jadikan hari-harimu untuk menambah ilmu. Dan berenanglah dalam lautan ilmu yang penuh faedah."
.
Allohu A'lam.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda