Hari Pahlawan, Pahlawanku Teladanku - kangzainfuad.com

Rabu, 09 November 2022

Hari Pahlawan, Pahlawanku Teladanku

Apel Pagi dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan sejumlah guru, karyawan, Mahasiswa Asistensi Mengajar dan siswa SMA Surya Buana Malang di laksanakan Kamis (10/11/2022). Petugas Apel Hari Pahlawan 2022 kelas XII dengan Ahmad Zain Fuad,S.Si.,S.Pd.,M.Pd. sebagai pembina. 

Zain Fuad, kepala sekolah SMA Surya Buana Malang memberikan nasihat kepada peserta apel agar mengingat jasa-jasa para pahlawan sekaligus mentauladaninya. mentalaudani tidak harus dengan cara berperang, tapi dengan mengisi kemerdekaan dengan senantisa mengingat nikmat yang Allah swt. anugrahkan kepada bangsa Indonesia melalui perjuangan 10 November 1945.

"Kita sebagai rakyat yang saat ini menikmati kemerdekaan dengan sebebas-bebasnya, beribadah dan melaksanakan kegiatan bisa dilakukan dengan aman dan nyaman. termasuk apel pada hari ini." terang Zain Fuad.

Hal penting dalam peristiwa 10 november 1945 yang harus diingat adalah bahwa peran ulama dalam pembebasan dari penjajahan tentara sekutu sangatlah penting, dimana saat itu, bung karno selaku presidin republik Indonesia khawatir dengan kedatangan tentara sekutu yang memiliki persenajataan canggih dan lengkap, strategi perang yang mumpuni, apalagi dengan kekuatan sukutu yang begitu besar sampai bisa mengalahkan tentara jepang tentu akan menyulitkan bangsa Indonesia jika menghadapinya.

berawal dari inisiatif jendral Panglima Sudirman agar presiden sukarno bershilaturohim ke KH. Hasyim Asy'ari dan meminta pendapat terkait dengan fatwa jihad bagi umat Islam Indonesia untuk melawan tentara sekutu dan mempertahankan Republik Indonesia dari serangan sekutu.

Melalui perwakilanya, bung karno berharap agar KH. Hasyim Asy'ari selaku ulama yang paling disegani para Ulama dan Umat Islam di Indonesia memanggil KH. Wahab Hasbullah agar mengumpulkan para ulama se jawa-bali untuk memikirkan dan memberikan solusi permasalahan yang terjadi di Indonesia, yakni dengan adanya serangan dari sekutu, maka pada tanggal 21 Oktober para kyai sepakat untuk membuat fatwa Jihad bagi seuluruh Umat Islam. maka pada tanggal 22 Oktober dibuatlah kesepakatan resmi berupa Fatwa jihad, atau dikenal dengan Resolusi Jihad NU.

Tiga hari Setelah Resoslusi Jihad selesai ditulis dan diedarkan pada seluruh rakyat Indonesia. tentara sekutu mendarat surabaya dengan membawa peralatan tempur lengkap, sedangkan arek-arek surabaya hanya membawa senjata seadanya, arek-arek surabaya tidak gentar, bahkan melakukan perlawanan dengan sengit sampai pemimpin perang tentara sekutu Jendral Wallabi dan penggantinya Mayor Jenderal R.C. Mansergh meninggal, hal ini membuat tentra sekutu mundur dan tidak melanjutkan peperangan. 

Semangat juang arek-arek surabaya dalam mempertahankan NKRI selain peran 'ulama yang begitu penting, peran bung tomo dalam memotivasi perjuangan arek-arek Surabaya jga memberikan pengaruh besar sehingga seluruh warga Surabaya berbondong-bondong memperjuangkan kemerdekaan sampai detik tarkhir.

"Dari kisah peristiwa 10 November 1945 mampu memicu semangat para guru, karyawan dan siswa agar lebih sungguh-sungguh dalam mengabdi dan berkontribusi pada negeri dengan cara belajar dan mengajar lebih giat, merubah diri dimulai dari diri sendiri, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat, insyaallah perubahanpun menuju kebaikan akan berimbas pada negeri. sebagaimana yang dilakukan oleh pahlawan-pahlawan dulu, maka jadikan para pahlawan itu sebagai tauldan. pahlawanku teladanku". Tegas Zain Fuad, selaku pembina apel.

Akhir Kegiatan apel Peringatan Hari Pahlawan, Kepala Sekolah memberikan penghargaan kepada para siswa yang berprestasi tingkat nasional dan internasional dan Sebelum pelaksanaan Apel, bapak dan ibu guru serta karyawan SMA Surya Buana melaksanakan kegiatan panembromo yang dipimpin oleh Drs. Sukri dengan judul Panembrama Hari Pahlawan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda