Tips Liburan Keluarga Berkah dan Bermakna - kangzainfuad.com

Sabtu, 02 Juli 2022

Tips Liburan Keluarga Berkah dan Bermakna

Berlibur dengan keluarga menjadi momen yang sangat berharga, apalagi jika ayah-bunda keseharianya bekerja, Anak-anak masih masa sekolah dan belum lagi kegiatan-kegiatan diluar pekerjaan. Terkadang anak-anak juga sibuk dengan aktifitas lain. Walau tubuh setiap hari membersamai dirumah, namun jiwa masih melayang melanjutkan aktifitas diluar rumah. 

Berlibur adalah saat yang tepat menghadirkan seluruh aktifitas hati dan fisik membersamai anak-anak (keluarga), dan inilah yang akan melahirkan keberkahan jika ia benar-benar memberikan nilai-nilai yang berarti bagi seluruh keluarga. 

Bagaimana agar berlibur menjadi lebih berharga dan menghadirkan nilai yg bermakna? 

Berikut tips sederhana yang bisa dilakukan;

1. Rencanakan waktu yang tepat untuk berlibur, 

2. Pastikan saat itu tiada lagi pikiran yang menggantung, masih memikirkan pekerjaan atau lainya. 

3. Hadirkan pikiran dan perasaan membersamai keluarga

4. Siapkan peralatan-peralatan yang mendukung kegiatan berlibur seperti tikar, snack, kopi, dll. Peralatan tidak harus ada lengkap, seadanya yang penting bermanfaat. 

5. Sebagai orang tua, apa yang sudah dilakukan saat menikmati liburan baik itu bermain, bercengkerama santai harus ada momen khusus ngobrol-ngobrol santai. Dengan mengajak anak-anak menceritakan pengalamannya saat bermain atau lainya, yang menurut ayah-bunda saat itu anak-anak sangat menikmati melakukanya. 

6. Saat yang paling berharga adalah moment sharing sambil diarahkan topik pembicaraan pada hal-hal yang mengandung nilai-nilai kebaikan, misal bermain, anak-anak diajak berpikir sejenak dan mengungkapkan nilai-nilai kebaikan dari permainan yang sudah dilakukan. 

7. Bisa juga ayah bunda mengawali kegiatan sharing dengan menceritakan masa-masa kecil ayah-bunda saat se-usianya, menceritakan bagaimana saat bermain dengan teman-teman, dan ditutup dengan nilai-nilai kebaikan yang paling diingat dan terkenang didalam pikiran. 

Setiap keluarga pasti memiliki pengalaman yang berbeda, paling tidak semoga catatan sederhana ini mampu memberikan manfaat bagi ayah-bunda. 

Selamat berlibur bersama keluarga, semoga memberikan kenangan yang berharga bagi buah hati kita. Amiin

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda