DALIL PENTINGNYA AMAL #4 - kangzainfuad.com

Selasa, 02 Juni 2020

DALIL PENTINGNYA AMAL #4



(Masih) Ayyuhal Walad #4

Dan apa yang akan engkau katakana dalam hadits berikut :

“Islam dibangun atas lima perkara : bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah swwt. Dan sesungguhnya  Nabi Muhammad itu utusan Allah, mendirikan Sholat, menuaikan zakat, puasa Ramadlan, dan haji ke baitullah bagi yang mampu”.

Dan Iman adalah mengucapkan dengan lisan, membenarkan dalam hati serta mengamalkan dengan anggota badan.

Dari pengertian diatas, menunjukkan dalam melaksanakan tuntutanSya’riat tidak cukup dengan memahaminya sebagaisebuah ilmu, tapi merupakan sebuah amaliyah dan perintah untuk dilaksanakan dengan anggota badan.

Dalil menunjukkan pentingnya beramal sangat banyak, bahkan tidak terhitung.

Walaupun seorang hamba bisa masuk surga karena Fadhol (Karunia) dan kemulyaan dari Allah swt, akan tetapi karunia itu datangnya setelah seorang hamba tersebut sudah melakukan keta’atan dan ibadah kepada Allah swt. Karena sesungguhnya, “Rahmat Allah itu dekatdengan orang yang berbuat baik”.

Dan jika ditanya, Apakah seorang hamba bisa masuk surga hanya dengan iman?, saya jawab : bisa, akan tetapi, kapan ia bisa masuk surga? Dan berapa banyak rintangan yang sulit akan dihadapi agar sampai surga-Nya? Maka, rintangan terjal yang pertama yang akan dihadapi adalah masalah rintangan Iman, dan apakah ia bisa selamat dari rintangan iman ini atau tidak? Dan Ketika sudah sampai (berhasil) melewati rintangan, apakah ia termasuk golongan orang yang menyesal atau merugi? Sebagaimana yang disampaikan oleh Syaikh Imam Al-Bishri: “Allah swt berfirman kepada Hamba-hamba-Nya saat hari Kiamat, wahai hamba-Ku…! Masuklah kalian kedalam surga karena Rahmat-Ku, dan bagilah kenikmatan  sesuai dengan (tingkatan) amalmu. (azf)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda