BUAH DARI AMAL #5 - kangzainfuad.com

Kamis, 04 Juni 2020

BUAH DARI AMAL #5


Imam Al-Ghazali memberikan nasihat kepaa santri beliau,

Wahai anakku,

Selama engkau tidak beramal, maka engakau tidak akan mendapatkan pahala..

Dikisahkan, ada seorang laki-laki dari bani Israil yang mengabdi kepada Allah swt. Selama 70 tahun. Maka Allah swt. Mengutus malaikat untuk mengabarkan amal ibadah,

Malaikat : “wahai ‘abid, Sesungguhnya amal ibadahmu itu tidak mampu memasukkanmu ke dalam surga-Nya”.

 ‘Abid (ahli ibadah) menjawab :” kami diciptakan untuk beribadah kepada Allah swt., maka cukuplah bagi kami beribadah kepada Allah swt.

Setelah mendengar jawaban tersebut, maka kembalilah malaikat kepada Allah swt dan berkata: “Wahai Tuhanku, engkau lebih mengetahui apa yang kami ketahui”. Maka Allah swt. Berfirman, : ”jika ‘abid tetap sesuai dengan  pendirianya (tidak berpaling dari menyembahku), hanya beribadah kepada-Ku, maka Akupun akan mencurahkan Rahmat-Ku kepadanya. Wahai malaikatku, saksikanlah! Sesungguhnya aku mengampuni semua dosanya.

Rasulullah saw. bersabda : “ Hitunglah (intropeksilah) kalian sebelum kalian dihitung, dan timbanglah amal kalian sebelum kalian ditimbang (saat hari kiamat)”.

Sahabat ‘Ali bin Abi Tholib berkata : “ Barangsiapa menyangka bahwa untuk mencapai keberhasilan tanpa bersungguh-sungguh meraihnya maka itu adalah lamunan dan barangsiapa yang menyangka dengan berbekal kesungguhan (usaha) saja (tanpa mengharap Rahmat Allah swt.) untuk mencapai keberhasilan adalah sebuah kesombongan”.

Hassan Al-Bashri berkata : ”seseorang yang mencari surga dengan tanpa amal (usaha) maka itu adalah bagian dari perbuatan dosa”, belau melanjutnya dan berkata : “tanda seseorang mencapai maqam hakikat ialah, ia tidak melihat nilai pahala dari sebuah amal dengan tanpa meninggalkan  amal”.

Rasulullah saw. Bersabda :” orang yang cerdas adalah orang yang bisa mengalahkan hawa nafsunya dan beramal untuk bekal setelah wafatnya dan orang yang Bodoh adalah orang yang selalu mengikuti hawa nafsunya dan selalu berangan-angan mendapat Rahmat Allah swt dengan tanpa beramal”.

Alllahu A’lam.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda